15 Jenis ikan hias air tawar terpopuler di indonesia

Di indonesia mempunyai beragam jenis ikan hias air tawar. Namun banyaknya jenis ikan hias membuat bingung untuk memilih jenis ikan yang akan kita pelihara. Masing-masing penghobi ikan tentu memiliki kriteria tersendiri untuk memilih jenis ikan hias.


Pertimbangan untuk memelihara salah satu jenis ikan tentu harus dilakukan. Beberapa yang harus dipertimbangkan seperti harga ikan, pakan ikan, kemampuan adaptasi ikan, ukuran ikan, biaya perawatan dan beberapa pertimbangan lainnya.


Karakter yang berbeda-beda dari masing-masing jenis ikan membuat beberapa ikan hias memiliki kepopuleran. Entah karena harga, perawatan ataupun keindahan ikan itu sendiri. Untuk itu ulasan ini bertujuan untuk memberikan referensi tentang ikan hias yang populer buat kamu yang sedang memilih atau akan menambah koleksi baru ikan hias dirumah. Berikut ulasannya:


Jenis ikan hias air tawar


1. Ikan cupang


Ikan cupang

Ikan cupang tentu tidak ada yang tidak mengenal ikan ini. Ikan cupang memang memiliki warna yang indah serta bentuk ekor dan sirip yang anggun. Perawatan nya yang mudah membuat membuat ikan cupang sangat populer. 


Pasalnya ikan cupang tidak membutuhkan akuarium yang besar. Cukup dengan botol kecil ikan cupang dapat hidup sehat. Harga ikan cupang pun sangat beragam tergantung dari jenis ikan cupang tersebut. Ikan cupang dihargai mulai dari 3000 rupiah sampai harga 30 jutaan.


2. Ikan koi

Ikan koi

Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang berasal dari jepang. Koi mampu hidup sampe umur 50 tahun dan mampu hidup di berbagai suhu air. Dengan warna yang indah serta tingkah laku yang cenderung jinak membuat ikan koi sangat populer di indonesia.


Harga anakan ikan koi ini mulai dari 15000 rupiah. Namun ikan koi besar bisa menjapai 5-7 juta rupiah.


3. Guppy


Guppy

Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan yang paling populer di dunia. Walaupun ikan guppy memiliki ukuran kecil, pasalnya ikan ini hanya dapat tumbuh sampai ukuran 4-6 cm. Namun keindahan warna ikan ini sangat memanjakan mata.
Harga ikan guppy ini dengan jenis terendah mulai dari 7000 rupiah.


4. Ikan arwana


Arwana

Ikan jenis ini sudah terkenal dikalangan pecinta ikan hias sebagai ikan yang mahal. Namun ikan ini tetap diminati oleh banyak orang. Bagaimana tidak bentuk ikan arwana sangat gagah dan elegan. Harga ikan arwana ini bisa mencapai 50juta rupiah.


5. Ikan louhan

Louhan


Ikan yang memiliki dahi yang unik ini pun sangat populer di indonesia. Dengan ciri khas dahi yang menonjol bulat. Selain dahinya yang unik, ikan lohan juga memiliki warna yang menarik. Ikan louhan dijual dipasaran bisa mencapai 4 jutaan.

6. Discus

Discus

Dengan corak warna yang indah ikan jenis ini sangat layak untuk dipelihara.Asal ikan ini berasal dari sungai amazon. Ikan discus ini termasuk mudah untuk dipelihara karena ikan ini jenis ikan omnivora. Harga ikan discus ini mulai dari 50ribu rupiah.

7. Oscar

Oscar


Ikan predator jenis ini lumayan populer di kalangan masyarakat indonesia. Dengan karakteristik yang jinak ikan ini patut untuk jadi koleksi dirumah. Dengan warna yang mencolok dan sangar ikan oscar enak untuk di pandang mata. Ada berbagai jenis ikan oscar seperti tiger oscar, super red chilli oscar, albino oscar ataupun jenis oscar yang lainnya, kamu bisa memiliki salah satunya.

Ukuran maksimal ikan oscar bisa mencapai 45 cm dan berat 1.6 kg. Harga anakan ikan oscar di indonesia mulai dari 40.000ribu rupiah.

8. Ikan komet

Komet

Ikan komet memang sedikit mirip dengan ikan koki. Karna ikan komet ini adalah varian maskoki tertua di dunia. Ikan komet sangat mudah untuk dirawat serta memiliki ekor dan warna yang cantik. Tidak salah ikan komet banyak di pelihara orang orang di indonesia. Ikan komet di indonesia di hargai mulai dari 15ribu rupiah.

9. Ikan Tetra

Tetra

Ikan tetra ini banya dipelihara untuk aquascape. Ikan tetra yang populer di indonesia seperti green tetra, silver tetra dan neon tetra ini menjadi incaran para aquascaper di indonesia.

Habitat ikan ini adalah di sunga amazon, Amerika. Ikan tetra memiliki warna yang sangat indah. Tidak salah ikan tetra banyak di cari oleh para pecinta ikan. Ukuran maksimal ikan tetra hanya sampai ukuran 4 cm. Harganya pun beragam tergantung jenisnya, harga tetra ini mulai dari 1.000 rupiah.

10. Anglefish

Masih dalam keluarga cichlidae, ikan ini dikagumi para pecinta ikan hias karena gaya berenangnya. Gaya berenang ikan anglefish sangat anggun kata mereka.

Menurut aqueon Ikan ini berasal dari daerah tropis di amerika selatan. Anglefish cenderung menyukai peraian yang tenang dan remang-remang. Maka dari itu ikan ini sangat  cocok untuk aquascape kamu. Ikan ini dijual di indonesia mulai dari 30.000 rupiah. Namun pada jenis anglefish tertentu bisa sangat mahal. Menurut harian kompas ikan anglefish jenis peppermint anglefish dijual sekitar 428 juta.

11. Ikan palmas

Ikan palmas yang berasal dari afrika ini sering disebut dengan Naga Air tawar. Tapi walau namanya sangar karakter ikan palmas cenderung kalem. Ukuran maksimal ikan palmas bisa mencapai 30-35 cm. Ikan ini termasuk jenis karnivora. Anda bisa mengkoleksi ikan naga ini mulai dari harga 15.000 rupiah

12. Platy

Ikan platy memiliki bentuk dan warna yang indah. Ikan platy dapat tumbuh maksimum sekitar 6 cm. Perawatannya pun cukup mudah karna ikan platy termasuk jenis omnivora, jadi kamu tidak repot untuk pakan ikan ini.

13. Ikan black ghost



Hantu tapi cantik, inilah ikan black ghost. Ikan ini memang terlihat aneh, tapi sangat diminati oleh kolektor ikan hias ditanah air. Ikan ini juga sering disebut dengan sebutan knife fish.

Cara merawat ikan black gost tergolong mudah. Kamu cukup memberi makan ikan 2 kali sehari. Pakan ikan black gost dapat berupa cacing darah atau cacing sutera. Kamu juga bisa memberinya pakan pelet. Ikan black gost dijual dipasaran mulai dari 10ribu rupiah.

14. Ikan Peacock Bass

Ikan yang sedang booming ini bisa kamu koleksi juga. Tergolong ikan predator ini terlihat sangar dan memiliki corak yang sangat menarik. Bagi kamu mencari ikan predator untuk pemula, ikan peacock bass adalah pilihan yang tepat. Pasalnya ikan peacock bass mudah dan tidak rewel untuk dipelihara. Ikan peacock bass memiliki jenis yang beragam di indonesia seperti peacock bass monoculus, orinoco, kelberi, azul dan masih banyak lagi. Anakan ikan peacock bass bisa dibawa pulang dengan harga mulai dari 20ribu rupiah.

15. Rainbow Fish

Meskipun ikan rainbow memiliki ukuran kecil. Namun ikan ini sangat memanjakan mata. Dengan corak warna yang ingah, ikan ini banyak dicari oleh para pecinta ikan. Ikan ini berukuran sekitar 15 cm.

Ikan ini banyak di jumpai di Papua. Jenis dari ikan ini pun beragam seperti Rainbow ballon, red rainbow, rainbow lacustris dan rainbow makuloci. Ikan ini dijual mulai dari 10.000 rupiah.

Sangat cantik cantik bukan? Kamu bisa memilikinya salah satu dari mereka. Selain jenis ikan hias di atas juga masih banyak ikan hias yang lainnya seberti botia, Ikan Golden Dorado, Tiger Barb, Dwarf Gourami, Zebra Danio, Ikan jack Dempsey, Ikan Kumpai, Bala shark atau White Cloud. 


Demikian lah jenis ikan hias yang paling populer di indonesia. Semoga menjadi referensi kamu untuk memilih jenis ikan yang cocok untuk kamu pelihara.



Post a Comment

0 Comments