Manfaat daun kelor sebagai obat berbagai penyakit dan efek sampingnya

Manfaat daun kelor
Manfaat daun kelor bagi kesehatan

Daun kelor memang sejak dulu sudah dipercaya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Menurut sejarah daun kelor sudah digunakan sebagai pengobatan sejak 5000 tahun yang lalu di india bagian utara. Masyarakat india waktu itu sudah memanfaatkan daun kelor sebagai ramuan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit.

Lantas manfaat untuk penyakit apa saja kah daun kelor?. Sebelum membahas manfaat dari daun kelor mari kita bahas terlebih dahulu apa itu daun kelor, tanaman jenis apakah daun kelor itu?.

Kelor atau merunggai memiliki nama latin Moringa oleifera masuk kedalam suku moringaceae. Tumbuhan ini dapat berumur panjang dan tahan terhadap suhu yang ekstrim. Tanaman ini bisa mencapai ketinggian hingga 7-12 meter. Daun dari tanaman kelor berbentuk bulat sedikit lonjong dan berukuran kecil-kecil. Tanaman kelor dapat berbunga sepanjang tahun dengan bau bunga kelor yang wangi.

Tanaman kelor dikenal oleh berbagai belahan dunia dengan nama yang berbeda-beda, diantaranya marango, nebeday, ben oil tree, moonga dan sebutan-sebutan lainnya. Tanaman ini pun sering di sebut sebagai miracle tree atau pohon keajaiban.

Di Indonesia sendiri tanaman atau daun kelor kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Bahkan di beberapa daerah tanaman kelor dipercaya memiliki kesaktian. Daun dari pohon kelor ini kerap digunakan untuk mengusir mahluk halus yang ada di tubuh manusia atau di benda mistis.

Terlepas dari hal-hal yang berbau mistis, Lowell Fuglie seorang dokter dari perancis melakukan penelitian tentang kandungan dari daun kelor. Hasil penelitian yang dilakukan Lowell Fuglie sekarang digunakan untuk melawan gizi buruk di negara afrika.

Setalh Lowell Fugli banyak peneliti-peneliti lain yang telah membuktikan khasiat dari daun kelor ini. Berdasarkan hasil penelitian mengatakan bahwa daun kelor merupakan sumber vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh. Menurut U.S Department of Agriculture mengatakan bahwa dalam 21 gram daun kelor cincang mengandung:

  • Protein : 2 gram
  • Vitamin B6 : 19% dari RDA
  • Vit C : 12% dari RDA
  • Zat besi : 11% dari RDA
  • Riboflavin (B2) : 11% dari RDA
  • Vitamin A : 9% dari RDA
  • Magnesium : 8% dari RDA

Lalu apakah manfaat daun kelor untuk kesehatan kita? Penyakit apa saja kah yang dapat disembuhkan dengan daun kelor berikut ulasannya:

Manfaat daun kelor sebagai obat berbagai penyakit:

1. Menurunkan diabetes

Menurunkan diabetes
Daun kelor sebagai penurun diabetes

Diabetes memang merupakan penyakit ditakut-takuti oleh banyak orang. Penyebab diabetes sendiri merupakan akibat dari meningkatnya kadar gula pada darah. Tingginya kadar gula menyebabkan munculnya penyakit serius seperti penyakit jantung.

Pada penelitian yang dilakukan kepada 30 wanita setelah mengkonsumsi 7 gram daun kelor cincang setiap harinya selama 3 bulan dapat menurunkan gula darah sekitar 13,5%. Namun tentu masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan peryataan resmi dari Lembaga yang berwenang.

2. Mencegah penyakit Liver

Daun kelor mengandung senyawa polifenol yang dapat membalikan oksidasi dalam hati. Penelitian juga membuktikan bahwa mengkonsumsi daun kelor dapat mengurangi fibrosis hati dan melindungi hati dari kerusakan. Daun kelor juga membantu mendetosifikasi bahan kimia dalam hati.

3. Menurunkan kolesterol

Daun kelor penurun kolesterol
Daun kelor sebagai penurun kolesterol

Pada dasarnya kolesterol dibutuhkan dalam tubuh kita. Peran kolesterol adalah memproduksi vit D, beberapa hormone dan asam empedu. Lalu apa yang membuat kolesterol berbahaya bagi kita?.  

Jika kadar kolesterol melebihi batas normal atau kondisi ini sering disebut kolesterol tinggi dapat memicu penyakit lain seperti hipertensi, diabetes dan stroke. Untuk itu kolesterol yang tinggi harus diobati salah satunya dengan daun kelor.

Berdasarkan penelitian baik pada hewan dan manusia menunjukan bahwa daun kelor dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Mengurangi peradangan

Peradangan adalah suatu perlindungan yang dilakukan oleh tubuh kita ketika salah satu tubuh mengalami cidera. Walaupun kadan kita merasakan sakit namun itu adalah respon tubuh kita untuk menyembuhkan tubuh dari luka. Namun peradangan yang berkelanjutan akan berakibat fatal seperti penyakit kanker dan jantung.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan daun kelor mempunyai kandungan isothiocyanate yang berperan sebagai anti-peradangan. Para ilmuan percaya bahwa kandungan isothiocyanate dapat juga mengurangi peradangan pada manusia.

5. Mencegah kanker

Daun kelor pencegah kanker
Daun kelor dapat mencegah kanker

Kanker merupakan kondisi dimana sel  mengalami mutasi atau perubahan genetic. Sel yang mengalami mutasi akan tumbuh secara tidak normal. Salah satu penyebab kanker adalah kandungan racun arsenic yang masuk kedalam tubuh. Racun ini biasanya ada dalam makanan atau minuman yang kita konsumsi tiap harinya.

Dalam penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukan bahwa daun kelor dapat mencegah racun arsenic menyerang tubuh kita. Peneliti menyebutkan bahwa hasil tersebut mungkin saja akan sama manfaatnya untuk manusia.

Selain sebagai obat daun kelor juga salah satu makanan yang memiliki nutrisi yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun perlu digaris bawahi bahwa daun kelor mempunyai efek samping yang harus kita ketahui. Lalu apa saja kah efek samping dari daun kelor ini:

Efek samping daun kelor:

  • Memperlambat kerja jantung
  • Gangguan kesuburan, tidak cocok untuk wanita hamil
  • Daun kelor memang dapat mengurangi diabetes, namun harus diperhatikan kadar gula kamu sebelum mengkonsumsi daun kelor. Karena kadar gula yang terlalu rendah akan memunculkan masalah baru.
  • Jangan mengkonsumsi daun kelor jika kamu memiliki tekanan darah yang rendah.

Demikian lah ulasan mengenai manfaat daun kelor. Jika kamu akan mengkonsumsi daun kelor untuk mengobati penyakit yang sedang kamu alami, dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Trimakasih.