Manfaat kunyit bagi manusia: Teruji menurut hasil penelitian

Manfaat kunyit bagi manusia
Manfaat kunyit bagi manusia

Manfaat kunyit bagi manusia – Kunyit sudah dikenal sejak dulu memiliki manfaat bagi manusia. Sejak 600 SM kunyit dianggap sebagai salah satu tanaman obat yang sangat bernilai pada waktu itu. Menurut sejarah pengobatan tradisional india, kunyit merupakan bahan yang memiliki kandungan anti-biotik paling baik dibandingkan bahan herbal lain. Namun apakah benar jika kunyit memiliki manfaat bagi kesehatan manusia?.

Kunyit pertama ditemukan pada daerah-daerah tropis khususnya asia tenggara. Sampai sekarang kunyit menjadi bahan yang banyak diperdagangkan di china, india dan khusunya Indonesia.

Kunyit atau curcuma longa L sendiri memiliki kandungan kimia yang penting seperti:

  • Kurkumin
  • Resin
  • desmetosikurkumin
  • minyak atsiri
  • oleoresin
  • bidesmetoksikurkumin
  • damar
  • gom
  • lemak
  • protein
  • fosfor
  • Zat besi

Kandungan kurkumin ini lah yang membuat kunyit berwarna kuning. Selain membuat warna, kurkumin juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tidak hanya kurkumin, zat-zat yang ada pada kunyit juga memiliki banyak manfaat. Seperti apakah manfaat dari kandungan yang ada pada kunyit?. Berikut ulasannya:

Manfaat kunyit bagi manusia:

1. Meredakan peradangan

Peradangan atau inflamasi biasanya terjadi pada orang karena infeksi. Ketika tubuh terkena infeksi tubuh akan secara normal akan melakukan perlindungan melawan virus atau bakteri atau bisa juga jamur. Karena aktifitas melawan ini tubuh biasanya akan mengalami peradangan.

Kandungan kurkumin yang berdasarkan penelitian menunjukan mekanisme menghambat molekul yang menyebabkan peradangan.

2. Sebagai antioksidan

Secara sederhana antioksidan adalah sebuah aktifitas dari zat atau senyawa yang berfungsi untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas yang menyerang ke tubuh manusia dapat berakibat munculnya penyakit-penyakit seperti stroke, penyakit jantung, hipertensi dan beberapa contoh lainnya.

Kurkumin pada kunyit ini merupakan kandungan yang bersifat anti-oksidan. Artinya kurkumin dapat mencegah atau melawan radikal bebas yang mencoba menyerang tubuh manusia.

3. Antibakteri dan antivirus

Antibakteri merupakan aktifitas senyawa yang dapat menghambat atau bahkan membunuh bakteri yang dapat merugikan atau berbahaya bagi tubuh. Berdasarkan penelitian kandungan heksana dan etanol pada kunyit menunjukan aktifitas antibakteri yang tinggi.

Samahalnya dengan antibakteri, antivirus berperan untuk melawan virus berbahaya bagi tubuh manusia. Kandungan kurkumin ini dipercaya dapat menghambat virus seperti influenza PR8, H1N1 atau flu babi dan H6N1.

4. Menurunkan resiko penyakit otak

Pada masa kanak-kanak saraf manusia cenderung tumbuh dan bertambah jumlah lebih banyak dibandingkan ketika dewasa. Brain-derived Neurotrophic Factor (BDNF) ini merupakan hormone yang mendorong pertumbuhan saraf diotak.

Pada beberapa penyakit otak disebabkan oleh rendahnya produksi hormone BDNF ini. Namun berdasarkan penelitian. Kandungan kurkumin pada kunyit menunjukan reaksi yang memicu hormon BDNF meningkat.

5. Menurunkan resiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang ditakuti oleh hampir semua orang. Karena penyakit masih menjadi penyabab kematian nomer 1 didunia. Penyakit jantung erat kaitannya dengan gaya hidup kita, seperti kebiasaan merokok, makanan dengan kolesterol tinggi, serta kebiasaan olahraga yang buruk.

Menariknya kurkumin ini memungkinkan untuk meningkatkan fungsi endothelium. Salah satu fungsi dari endothelium ini adalah sebagai pengatur tekanan darah. Tidak berfungsinya endothelium merupakan salah satu penyebah penyakit jantung.

6. Dapat Mencegah penyakit kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mengerikan, pertumbuhan sel yang tidak sewajarnya dan tidak terkendali oleh tubuh menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh yang terkena kanker. Tidak heran kenapa kanker menjadi penyebab kematian nomer 2 setelah penyakit jantung.

Kurkumin pada kunyit telah dipelajari sebagai ramuan tradisional yang menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker. Bahkan berdasarkan penelitian menunjukan kandungan kurkumin pada jahe dapat membunuh sel kanker.

7. Mengurangi depresi

Depresi adalah perasaan yang dialami oleh seseorang yang menyebabkan gangguan suasana hati. Depresi biasanya terjadi pada seseorang yang sedang mengalami perasaan yang sedih terlalu dalam.

Menurut pengujian kandungan kurkumin pada kunyit menunjukan bahwa kandungan ini dapat mengobati depresi. Bahkan kurkumin pada kunyit memiliki efek yang sama seperti antidepresan.

8. Perawatan kulit

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi pada kunyit ini dapat membantu mencerahkan kulit kita. Dengan memanfaatkan kunyit sebagai masker wajah selain dapat mencerahkan kulit, masker kunyit juga dapat menghilangkan bekas-bekas jerawat.


Referensi:

Healthline.com, Studi kandungan kimia dan aktivitas farmakologi tanaman kunyit - Falkutas Farmasi Universitas Padjadjaran


Post a Comment

0 Comments