Melihat prospek ternak ayam pheasant yang kian menggiurkan

Salah satu jenis ayam pheasant atau ayam pegar
Salah satu jenis ayam pheasant atau ayam pegar

Belakangan ini ayam pheasant menjadi perbincangan banyak pecinta ayam hias. Tidak seperti ayam-ayam lainnya, ayam pheasant memiliki bentuk dan warna yang indah. Dengan ekor yang anggun dan warna yang mencolok membuat buruan banyak pecinta ayam hias. Dan tidak sedikit orang tertarik untuk menternakan ayam hias satu ini. Namun apakah ternak ayam pheasant menjanjikan?. 

Ayam pheasant atau ayam pegar atau ada juga menyebutnya sebagai burung pegar adalah kelompok unggas keluarga phasianida. Ayam pheasant memiliki ciri-ciri warna yang cerah dan ekor yang Panjang. Seperti ayam-ayam lainnya ayam pheasant jantan berukuran lebih besar dari pada betina.

Ayam pheasant adalah ayam yang berasal dari asia, namun sekarang juga banyak ditemukan di amerika utara. Ayam pheasant memiliki kemampuan adaptasi yang cukup baik, sehingga dapat hidup diberbagai iklim.

Menternakan ayam pheasant

Untuk menternakan ayam pheasant, hampir sama seperti ayam-ayam lainnya. Namun ayam pheasant membutuh kandang yang baik dan tersedia tempat berlindung dari angin dan panas matahari. Kandang sebaiknya tidak terlalu tertutup dan tidak terlalu terbuka. 

Pemberian makanan ayam pheasant juga cukup mudah, ayam pheasant cukup diberi makan dedak atau bekatul dicampur dengan jagung. Frekuensi pemberian makan cukup 2 kali sehari. Seperti jenis ayam lainnya, ayam pheasant juga suka makan serangga atau rerumputan. 

Kandang ayam pheasant biasanya 1.5  meter x 1.5 meter. Disarankan kendang ayam pheasant langsung mendapatkan sorotan cayaha matahari. Namun tetap diberikan tempat ayam untuk berteduh. Ayam pheasant juga jenis ayam yang suka bertengger di ranting-ranting pohon, Jadi kamu bisa menambahkan tempat bertengger ayam.

Jenis ayam pheasant

Untuk mengenal lebih jauh tentang ayam pheasant, mari kita melihat jenis ayam pheasant yang biasa diternakan diindonesia.

1. Golden Pheasant

Golden Pheasant
Ayam jenis golden pheasant

Golden pheasant ini yang paling popular di Indonesia. Dilansir beberapa situs penjualan ayam pheasant, golden pheasant dewasa dihargai mulai dari 6 juta sampai 18 juta rupiah.

2. Yellow pheasant

Yellow pheasant
Ayam jenis yellow pheasant

Tidak kalah cantik dengan golden pheasant, yellow pheasant juga banyak diburu oleh kolektor ayam hias. Yellow pheasant dibandrol dengan harga 5 juta sampai 7 juta rupiah.

3. Ringneck pheasant

Ringneck Pheasant
Ayam jenis Ringneck Pheasant

Siapa yang tidak ingin memiliki ayam jenis ringneck pheasant ini. Sepertinya kebanyakan orang akan tertarik dengan keindahan ayam ringneck pheasant ini. Ringneck pheasant dewasa dibandrol mulai dari 3 juataan.

4. Silver pheasant

Silver Pheasant
Ayam jenis silver pheasant

Tidak kalah menarik silver pheasant memiliki warna bulu putih silver mulai dari punggung sampai ujung ekornya. Salah satu kelebihan dari silver pheasant adalah ayam ini tidak mudah stress, jadi cukup mudah untuk dipelihara. Silver pheasant dewasa dihargai mulai dari 3 jutaan.

Sebenarnya masih banyak jenis ayam pheasant yang bagus seperti Lady Amherst Pheasant, Reeves pheasant, Khaleej pheasant, Red lady pheasant, Fireback pheasant, Elliot pheasant dan swinhoes pheasant.

Namun kembali ke topik utama, apakah ternak ayam pheasant menjanjikan?.

Prospek ternak ayam pheasant

Dilansir dari channel youtube CapCapung, Mas Anggit seorang peternak ayam pheasant dari jogja mengatakan dengan memiliki 7 pasang indukan ayam pheasant. Mas Anggit mampu mendapatkan omset 120 juta pertahunnya.

Awalnya Mas Anggit memasarkan ayam pheasant melalu media online. Namun seiring berjalannya waktu banyak orang yang berdatangan ketempatnya.

Namun Mas Anggit menambahkan untuk berternak ayam pheasant jangan melulu memikirkan keuntungan, berternak ayam pheasant harus didasari rasa suka, hiburan dan hobi yang mengasikan.

Bagaimana apakah kamu tertarik untuk beternak ayam pheasant atau sekedar memlihara ayam pheasant?.



Post a Comment

0 Comments