7 Jenis buah yang baik dan berbahaya jika dikonsumsi ibu hamil

Banyak dari mereka ibu-ibu diluar sana yang belum mengetahui pentingnya mengkonsumsi buah - buahan di waktu hamil. Sebagian dari ibu hamil banyak yang mengacuhkan tentang pentingya mengkonsumsi buah.

Padahal Buah adalah salah satu sumber nutrisi yang bagus dan sehat untuk semua ibu hamil.

mungkin banyak dari mereka (ibu hamil) yg masih bingung dan bertanya - tanya, buah mana sih yang baik untuk dikonsumsi pas lagi hamil?.

banyak juga dari mereka (ibu hamil) yang tau, bahwa mengkonsumsi buah ada juga yang berbahaya bagi janin.

Di dalam buah sebenernya ada banyak sekali beragam nutrisi, yaitu adanya vitamin C, beta-karoten, asam folat, kalium, dan serat. Nutrisi tersebut nantinya akan berperan untuk melindungi / mendukung kesehatan ibu hamil dan perkembangan janinnya, maka dari itu sering - sering lah kalian para Bumil untuk mengkonsumsi buah.

Banyak sekali buah yang bagus untuk di konsumsi buat ibu hamil di antaranya : pisang, alpukat,jeruk,mangga,apel dan masih ada banyak lagi.

Itu tadi contoh dari beberapa buah yang mempunyai kandungan nutrisi cukup baik.

Baca juga: Manfaat daun kelor sebagai obat berbagai penyakit.

kali ini kami dari zonatani.com akan menjelaskan tentang buah yang baik di konsumsi ,dan buah yang tidak baik (berbahaya bagi janin ).

Berikut adalah penjelasan tentang buah yang baik di konsumsi bagi ibu hamil,beserta penjelasan tentang kandungan nutrisi yang ada dalam buah tersebut:

7 buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil

1. Mangga

Mangga termasuk buah yang kaya akan kandungan vitamin A dan C. Kandungan vitamin A  dalam mangga ini sangat bermanfaat untuk kesehatan janin. Vitamin A dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah munculnya komplikasi pada janin.

Karna itu, baiknya mengkonsumsi satu mangkuk buah mangga. dalam sehari berarti ibu hamil sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C.

2. Alpukat

Alpukat mempunyai lebih banyak kandungan asam folat. alpukat juga mempunyai sumber vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, dan magnesium.  dengan Mengonsumsi alpukat selama masa hamil, nantinya akan bermanfaat untuk mengurangi sedikit keluhan kaki kram dan morning sickness, juga nantinya mendukung perkembangan otak janin.

3. Apel

Buah apel yang Kaya akan Serat, memiliki kandungan dalam yaitu vitamin A, vitamin C, dan kalium merupakan nutrisi andalan di dalam buah apel, yang baik buat ibu hamil.

Oh ya, Ibu yang rutin mengonsumsi buah apel selama hamil, nantinya resiko besar terjadinya asma dan alergi akan lebih rendah. Makannyaa buat para bumil rutin - rutin lah mengonsumsi buah apel selama hamil.

4. Pisang

Buah pisang memiliki Banyak kandungan kalori dan kalium di dalamnya. Kalium di dalam pisang dapat membantu / menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, juga sangat membantu kerja otot dan penghantaran sinyal saraf. Selain itu buah pisang juga sangat baik sebagai anti morning sickness dan sembelit.

5. Jeruk

Dalam buah jeruk terdapat kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita terutama wanita hamil yaitu serat, vitamin C dan asam folat. Kandungan vitamin C berperan sebagai pencegah kerusakan sel dan membantu tubuh menyerap zat besi. Kerena vitamin C berperan sebagai antioksidan bagi tubuh kita.

Selain mencegah kerusakan sel, kandungan air yang cukup tinggi di dalam buah jeruk dapat menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi selama kehamilan.

6. Buah beri 

Buah beri yang mempunyai kandungan vitamin C, serat dan folat. Kandungan karbohidrat pada buah bery dapat memberikan energi juga mudah melewati plasenta buat di serap sebagai nutrisi bayi dalam kandungan.

7. Lemon

Dalam sebuah studi tahun 2014, lemon atau aroma aroma lemon sangat bagus untuk meredakan mual saat hamil. lemon juga mempunyai tinggi akan vitamin C yang dapat membantu sistem pencernaan untuk meredakan sembelit.

Cara menikmatinya yaitu dengan menambahkannya ke minuman ibu hamil, misal ke air putih maupun teh. 

Baca juga: Segudang manfaat daun bidara yang banyak orang tidak tahu.

7 buah yang berbahaya dikonsumsi saat ibu hamil

1. Anggur

Mengkonsumsi buah anggur yang terlalu banyak dapat mengakibatkan gangguan pencernaan, karna itu buah anggur tidak disarankan untuk dikonsumsi saat ibu hamil.

karena adanya kandungan pestisida, yang disemprotkan pada tanaman anggur. Juga kulit anggur yg sangat susah untuk di cerna, sehingga banyak keluhan dari ibu hamil yg sembelit karna terlalu banyak mengkonsumsi buah anggur.

2. Pepaya muda

Disarankan agar tidak mengkonsumsi buah pepaya dulu saat hamil , terutama buah pepaya yang muda.

Pepaya muda soalnya mengandung getah yang memiliki efek seperti hormon oksitosin dan prostaglandin bila dimakan.

Kedua hormon itu biasa digunakan untuk mendorong kontraksi rahim, saat proses melahirkan,Hal tersebut dapat melahirkan kelahiran prematur pada janin,juga bisa menyebabkan keguguran.

3. Nangka

Hindari makan buah nangka, apabila dibiarkan di konsumsi pada ibu hamil, nantinya bisa menyebabkan perut ibu hamil terasa tidak nyaman.

meskipun nangka memiliki banyak manfaat, tetapi saat hamil lebih baik jangan dulu, apa di ganti dengan buah yang baik untuk di konsumsi, terkecuali jika ibu hamil ngidam .( Di perbolehkan tetapi hanya sedikit saja / mencicipinya )

4. Melon

Walaupun buah melon menyegarkan, ternyata buah melon dapat mengancam kesehatan janin.

Melon sebenarnya adalah buah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh,soalnya mempunyai banyak kaya akan vitamin juga antioksidan.

Tetapi, buat ibu hamil dianjurkan untuk menghindari/mengkonsumsi buah melon dulu, terutama yang berjenis melon merah atau cantaluope.

Soalnya kulit luar melon bisa saja tercemar bakteri, yaitu bakteri salmonella .

yang akan mengakibatkan ibu hamil terkena virus torch.

Yang mana Virus tersebut dapat mengakibatkan kelahiran bayi prematur atau cacat pada janin nantinya.

5. Nanas

Seperti rumor yang menyimpulkan bahwa memakan buah nanas bisa menggugurkan kehamilan. Yap, hal itu ternyata terbukti, lho. Karena buah nanas jika dikonsumsi berlebih oleh ibu hamil bisa jadi kontraksi rahim berlebihan.

Meskipun buah nanas salah satu juga buah yang mengandung protein, dan vitamin yang baik untuk kesehatan, namun saat hamil muda, di anjurkan jangan sampai Anda mengonsumsi buah nanas.

Karena buah Nanas memiliki kandungan enzim yang disebut bromelain,

Yang mana kandungan enzim atau bromelain ini sangat berbahaya bagi ibu yang sedang mengandung, yang bisa membuat serviks melemah. Parahnya ibu yang sedang mengandung nantinya bisa kontraksi dini atau keguguran.

6. Durian

Durian adalah buah yang dijuluki raja buah ini memang memiliki aroma yang sangat menyengat/menggoda dan memiliki rasa yang lezat untuk dinikmati khususnya bagi pecinta buah durian.

Tetapi tidak di perbolehkan jika dikonsumsi oleh perempuan yang sedang hamil, nantinya bisa mengakibatkan kelahiran secara prematur, karena durian memiliki kandungan asam arachidonat yang dapat terjadi kontraksi pada rahim.

Namun di perbolehkan jika hanya sekedar mencicipinya sedikit untuk memenuhi rasa ngidamnya.

7. Buah persik

Tahukah kalian (ibu hamil) buah persik dianggap buah yang panas. Hal ini lah kenapa buah persik dianjurkan untuk tidak dikonsumsi wanita hamil. Buah persik nantinya dapat menghasilkan panas dalam tubuh yang bisa menyebabkan perdarahan internal bahkan keguguran.

Yang mana dapat memicu peradangan tenggorokan hingga membuat ibu hamil nantinya kesulitan untuk menelan akibat infeksi buah persik.

Nahh, gimana sedulur zonatani.com tentang pengertian kandungan buah yang baik dan buruk di atas tadi, semoga bisa membantu dan bermanfaat yah?.Pintar - pintar lah dalam mengkonsumsi buah ataupun makanan yang sehat. Dan satu lagi yang penting?. Jangan lupa bahagia hehehe.

Salam seduluran dari kami zonatani.com


Post a Comment

0 Comments