Cara sukses budidaya ikan lele dumbo dengan kolam terpal untuk pemula

Budidaya ikan lele dumbo
Budidaya ikan lele dumbo

Sudah banyak sekali masyarakat dari kalangan menengah keatas maupun menengah ke bawah yang saat ini banyak memelihara atau budidaya ikan lele dumbo.

Maka dari itu sedulur zonatani.com, budidaya lele adalah salah satu peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Yahhh Wajar saja, soalnya ikan lele sudah menjadi santapan andalan warga +62 he he he.. coba kita lihat, ada banyak sekali di setiap meter pinggir jalan, pasti ada saja warung yang menjual aneka macam kelolaan dari ikan lele (pecel lele). Selain enak juga lumayan terjangkau harganya. Jadi bisa di nikmati dan di beli oleh semua kalangan.

Tapi Kali ini kami akan kasih tips dan tahap memelihara / budidaya ikan lele dumbo di kolam terpal. Ya betul, kolam terpal, praktis cepat dan tentunya tidak memerlukan modal yg terlalu besar.

Selain itu juga ada keunggulan tersendiri bagi pembudidaya ikan lele dengan terpal. Salah satu keunggulannya yaitu mudah dalam pengelolaanya. Kolam terpal hanya membutuhkan waktu setidaknya 1 hari untuk pembersihan dan pengeringan sebelum kolam siap untuk digunakan.

Sedangkan kolam tembok akan membutuhkan waktu lebih lama untuk pembersihan dan pengeringan. Biasanya kolam tembok akan memakan waktu 2-3 hari proses pembersihan dan pengeringan.

Dan juga ikan lele yang dibudidayakan dengan kolam terpal cenderung tidak akan bau lumpur, maka dari itu banyak para pembeli/konsumen yang lebih menyukai hasil budidaya dari kolam terpal. Selain tidak bau lumpur daging ikan lele dumbo juga lebih bersih menurut mereka.

Usaha budidaya ikan lele dengan terpal adalah salah satu alternatif jika kamu ingin menghemat biaya atau modal awal dalam budidaya lele ini. Kamu tidak perlu menggali atau menembok tanah untuk membuat kolam, hanya cukup dengan membuat kerangka dari kayu atau besi, lalu menutupnya dengan plastik atau terpal, alhasil kolam terpal sudah bisa digunakan atau siap untuk budidaya lele.

Setelah itu ada hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan budidaya. Agar nantinya kita tidak menyesal ditengah jalan, yang menyebabkan budidaya kita macet ditengah jalan.

Yang perlu diperhatikan adalah alasan mengapa kita akan membudidayakan ikan lele dumbo ini. Tentu yang perlu diperhatikan adalah bagaimana perawatan, pengelolaan dan penjualan nantinya setelah panen. Untuk itu mari kita perhatikan beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan jika kita memilih budidaya ikan lele dumbo ini:

Keuntungan budidaya ikan lele dumbo:

1. Pasarnya luas

tenang saja soal pelanggan, Ikan lele termasuk ikan yang paling laris di pasaran bila dibandingkan dengan ikan yang lainnya. Selain kandungan gizi ikan lele yang tinggi, ikan lele juga mudah untuk diolah dan harganya murah. 

2. Daya tahan ikan lele

Ikan lele tergolong ikan yang paling kuat terhadap penyakit, karena tubuhnya yang selalu dilindungi oleh lendir. Lendir inilah yang membuat bakteri dan sumber penyakit menyerang ikan lele. Jadi kamu bakalan jarang sekali melihat ikan lele mati atau kena penyakit lainya secara tiba-tiba. 

Ikan lele juga bisa hidup di berbagai macam kondisi air. Walaupun kondisi air kotor sekalipun ikan lele akan tetap bisa bertahan hidup.

3. Perawatannya mudah 

Karena daya tahan ikan lele yang kuat membuat perawatan untuk budidaya ikan lele jauh lebih mudah. Kamu tidak perlu pusing untuk memikirkan sirkulasi air karena mereka bisa hidup di kolam keruh.

4. Harga benihnya murah 

Ya benar sekali, harga benihnya bisa dikatakan cukup relatif murah. Harga benih ikan lele lebih murah ketimbang ikan budidaya lainya. Dengan membeli benih ikan lele sekitar 50rb – 70rb per 1000 ekor dengan ukuran 2-3 cm, cukup murah bukan?

5. Masa panennya cepat 

Tentu saja karena ikan lele membutuhkan waktu 2,5 sampai 3 bulanan saja untuk tumbuh besar dan siap untuk rilis di penggorengan.

Cukup cepat bukan?. Nah maka dari itu, perputaran uangmu juga nanti bakalan lebih cepat lagi.

Oh iya sedulur zonatani.com, budidaya ikan lele dumbo dengan terpal cukup mudah dan sederhana loh. Untuk lebih jelasnya mari kita simak tahap-tahap budidaya ikan lele dumbo dengan kolam terpal berikut ini: 

Cara budidaya ikan lele dumbo:

1. Menyiapkan lahan

Kolam budidaya ikan lele dumbo
Kolam budidaya ikan lele dumbo

Budidaya ikan lele bisa dilakukan di halaman belakang rumah maupun di samping rumah. Tergantung dari ketersediaan lahan temen. Atau temen-temen juga bisa menyewa tanah kalo ada.

Oh iya temen-temen tidak perlu khawatir ya, Karena budidaya ikan lele mengunakan terpal tidak akan merusak keadaan aslinya, dijamin tetap utuh seperti semula.

2. Penyiapan kolam terpal

Jangan lupa siapkan terpalnya yang nanti bakal digunakan untuk menjadi kolam. Bentuk kolam bisa berbentuk persegi, lingkaran ataupun bebas sesuai selera temen-temen asalkan bentuk berdiri tegak agar dapat menampung air yang cukup. 

Lalu gunakan kerangka menggunakan kayu atau besi kalo atau bisa juga susunan batu bata hingga membentuk sebuah kolam dan bisa diisi dengan air. 

Baca juga: Cara budidaya belut dengan media terpal, praktis dan mudah

3. Pengisian air

Isilah kolam terpal itu dengan air setinggi sekitar 4 cm. Lalu diamkan air tersebut selama 1 atau 2 minggu. Tujuan mendiamkan air adalah agar kolam nantinya tumbuh lumut dan fitoplankton sebagai makanan alami ikan lele. Kalo sudah keluar lumut baru isi air lagi sampai setinggi 10 cm.

4. Penebaran benih 

Setelah kolam siap dan telah ditumbuhi lumut, segera lakukan penebaran benih ke dalam kolam. Oh yah, Pastikan juga kamu membeli benih yang berkualitas dan sehat. Salah satu ciri ikan yang sehat ikan cenderung bergerak lebih gesit dan mempunyai warna lebih mengkilap dan bersih.

Usahan penebaran benih ikan lele dumbo dilakukan secara bertahap. Penebaran secara bertahap bertujuan agar ikan lele tidak mengakibatkan lele stres dan bahkan bisa mati.

Caranya dengan memasukkan beberapa benih terlebih dulu ke dalam ember, lalu masukan ember ke dalam kolam lalu biarkan benih keluar ember dengan sendirinya. 

Berilah jeda waktu dalam pelepasan benih lele kurang lebih 40 menitan agar lele benar - benar tenang. Waktu yang paling tepat untuk menebar benih lele adalah pada malam hari atau pagi sekitar jam 5.

5. Perawatan ikan 

Perawatan yang paling utama dalam budidaya lele adalah pemberian pakan. Jenis pakan yang baik untuk budidaya lele dumbo yaitu pelet 781-1. Tebarlah pelet setiap tiga hari sekali yaitu sekitar jam 7 pagi, 4 sore dan 9 malam.

Setelah berapa minggu atau bulan perhatikan air di kolam. Jangan sampai lupa sesuaikan dengan umur dan ukuran iakn lelenya. Pas bulan pertama ketinggian air dianjurkan naik 30 cm, di bulan kedua 50 cm, dan di bulan ketiga naik menjadi 80 cm ran.

6. Masa panen 

Bila nanti air di kolam sudah memasuki tahap tiga bulan, biasanya warna air yang tadinya hijau lumut akan menjadi merah, itu berarti tandanya ikan lele siap kamu panen. 

Cara memanen ikan lele yaitu diserok dengan menggunakan jaring. Dan ikan lele siap kalian kirim deh ke konsumen.

Gimana sedulur zonatani.com sudah tau kan tata cara budidayanya. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Salam seduluran dari kami zonatani.com

Post a Comment

0 Comments