Segudang manfaat daun bidara yang banyak orang tidak tahu


Zonatani.com - Apa itu pohon bidara?. Yahhh, pohon bidara atau banyak juga orang tau dengan sebutan widara atau dara, pohon yang mepunyai nama latin ziziphus mauritiana adalah pohon yang banyak tumbuh di wilayah kering. Tanaman yang berasal dari arab ini, biasa di pangil pohon sidr yang merupakan sejenis pohon kecil yang selalu hijau, juga mempunyai buah lebat yang bisa tumbuh di daerah tropis, dan bisa tumbuh di lembah - lembah dengan ketinggian bisa mencapai 500 mdpl.

Adapula nama lain dari beberapa jenis bidara yang banyak dikenal masyarakat yaitu bidara upas, bidara laut, bidara cina, dan putsa atau apel .

Banyak dari mereka (orang-orang) yang mencarinya dengan alasan untuk pengobatan/kesehatan. Yang katanya Diyakini ampuh dalam mengobati berbagai macam masalah kesehatan (penyakit).

Pohon bidara juga merupakan salah satu tanaman yang disebutkan dalam Al-Quran dan Hadits Nabi. dalam QS Saba ayat 16.

فَأَعْرَضُوا۟ فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ سَيْلَ ٱلْعَرِمِ وَبَدَّلْنَٰهُم بِجَنَّتَيْهِمْ جَنَّتَيْنِ ذَوَاتَىْ أُكُلٍ خَمْطٍ وَأَثْلٍ وَشَىْءٍ مِّن سِدْرٍ قَلِيلٍ 

Artinya : Tetapi mereka berpaling, Maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr (bidara).

Dalam beberapa hadist Nabi Muhammad SAW juga dijelaskan tentang anjuran penggunaan daun bidara.

حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي مَالِكٌ عَنْ أَيُّوبَ السَّخْتِيَانِيِّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ الْأَنْصَارِيَّةِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ
دَخَلَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ تُوُفِّيَتْ ابْنَتُهُ فَقَالَ اغْسِلْنَهَا ثَلَاثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ وَاجْعَلْنَ فِي الْآخِرَةِ كَافُورًا أَوْ شَيْئًا مِنْ كَافُورٍ فَإِذَا فَرَغْتُنَّ فَآذِنَّنِي فَلَمَّا فَرَغْنَا آذَنَّاهُ فَأَعْطَانَا حِقْوَهُ فَقَالَ أَشْعِرْنَهَا إِيَّاهُ تَعْنِي إِزَارَهُ

Yaitu :

"Mandikanlah dengan mengguyurkan air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kafur barus (wewangian).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kegunaan (kasiat) daun bidara pastinya tidak diragukan lagi, karena telah disebutkan dalam Alquran dan Hadis.

Daun bidara juga telah diteliti secara ilmiah oleh peneliti - peneliti handal , yang katanya mempunyai banyak manfaat diantaranya sebagai : Antimikroba, Antikanker, Antidibetik dan Antiinflamasi.

Baca juga: Manfaat daun kelor sebagai obat berbagai penyakit dan efek sampingnya.

Daun bidara juga salah satu tanaman yang ditakuti oleh setan maupun jin.

Soalnya tanaman ini merupakan tanaman yang sangat berkaitan erat dengan perjalanan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW.

Cara mengobati dari gangguan jin atau sihir yaitu :

Ambil tujuh helai daun bidara, kemudian tumbuk sampai halus, kasih air secukupnya, lalu dibacakan ayat kursi. Terus minumkan kepada orang yang terkena sihir, 3 kali tegukan dan sisa airnya nantinya digunakan untuk mandi.

Insya allah akan hilang efek dari ilmu sihirnya.( Imam Al Qurtubi ) utamakan juga untuk membaca Al-Falaq, Annas serta ayat kursi karena ayat - ayat tersebut dapat mengusir setan/ jin.(tafsir ibnu katsir jilid 1 terjemahan singkat halaman 171).

Manfaat dan kandungan yang ada dalam daun bidara, antara lain:

1. Anti mikroba

Manfaat daun bidara paling banyak ialah sebagai antimikroba. Dari bakteri, jamur atau parasit sekalipun.

Karena ada Beberapa zat aktif yang terkandung di dalam ektrak daun bidara, yaitu alkaloid, flavanoid, tanin fenol dan saponin.

2. Cepat menyembuhkan luka

Daun biadara juga biasa digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Karena daun bidara memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, yang sangat baik dalam membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Kandungan senyawa glikosida dalam daun bidara juga bisa menghilangkan bekas luka yang ada di kulit (luka bakar dan dan lain-lain ),

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan kalian ambil bubuk ekstrak daun bidara yang baru kalian tumbuk, tambahkan sedikit air, lalu balurkanlah pada area tubuh yang terluka atau terbakar.

3. Anti Depresi

Daun bidara juga memiliki kandungan alkaloid dan plavanoid yang bisa menghambat cara kerja dari mono-aminoksidase. Sehingga nanti akan menghambat degradasi neurotransmiter atau syaraf pusat seperti serotonin dan katekolamin yang efeknya nanti lari ke otak (Agar nantinya bisa menghambat terjadinya depresi).

4. Anti Kanker

Pada daun bidara ditemukan juga senyawa dengan alkaloid, saponin, triterpenoid dan steroid yang memiliki efek sitotoksik sebagai antikanker.

Yang diketahui bahwa senyawa - senyawa tersebut menghasilkan senyawa reduksi yang di sebut kuersetin.

Kuersetin yang masih tegolong sebagai antioksidan ini mememiliki aktivitas terhadap kinase, proteintirosin, proto-onkogen dan monofosfat sintase

Buat para wanita kususnya semua sedulur zonatani.com, daun bidara juga bisa Membantu mengatasi masalah keputihan pada wanita loh.

Masalah keputihan memang tidak sedikit dialami oleh para kaum wanita. Yahhh itu pasti, dan terkadang lagi hal ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman,tentunya pada area pribadi tersebut.

Jika kalian mengalami masalah keputihan, kalian dapat mengatasinya dengan daun bidara atau biasa banyak orang menyebutnya daun widara. Kepana harus pake dau bidara/widara? Karena daun bidara ini memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri yang dapat mengurangi efek keputihan.

Caranya menggunakannya : campurkan air rendaman daun bidara untuk membersihkan area tersebut. Lakukanlah secara rutin setelah selesai mandi, agar mendapat hasil yang maksimal (bersih,keputihan hilang)

Ajaibnya lagi daun bidara juga bisa menurunkan kolestrol jahat, caranya :

dengan rebus daun bidara dengan air sampai mendidih, setelah itu tunggu sampai dingin lalu minum airnya.

Oh ya sedulur zonatani.com banyak sekali orang yang menggunakan daun dari pohon bernama Latin Ziziphus mauritiana untuk alasan kesehatan. Paling bnyang pengguna kebanyakan kaum wanita dengan alasan untuk kesehatan kulit (kecantikan).

Pohon bidara ini, terutama daunnya dapat dimanfaatkan sebagai kesehatan dan juga kecantikan.

manfaat dari daun bidara bagi kecantikan di antaranya yaitu dapat membantu mengurangi gejala penuaan dini, berupa keriput dan lingkaran hitam di bawah mata.

Caranya mudah yaitu kalian cukup menghaluskan daun bidara, terus campurkan dengan madu dan lemon sehingga menjadi masker. Oleskan kewajah kalian seperti biasa kalian memakai masker. Biarkan sampai nanti mengering. 

Apabila sudah kering bilas dengan air hangat sampai bersih. Untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, kamu dapat menggunakan masker ini 3 sampai 4 kali seminggu. Bahkan setiap hari juga ga papa,itu malah lebih baggusss.

Ada banyak juga manfaat penting lainnya yang terkandung dalam daun bidara untuk kesehatan.

Inilah beberapa manfaat daun bidara bagi kesehatan dan juga kecantikan yang perlu kamu ketahui.

Manfaat daun bidara untuk kesehatan dan kecantikan:

  • - Menyembuhkan luka
  • - Meningkatkan nafsu makan
  • - Menyehatkan lambung
  • - Mengobati wasir atau ambeiem
  • - Menurunkan tekanan darah tinggi
  • - Menguatkan gigi
  • - Menyehatkan jantung
  • - Mengobati nyeri saat buang air kecil
  • - Mencegah kanker dan tumor
  • - Mengatasi jerawat dan bisul
  • - Mempercantik kulit, Dan tentunya masih banyak manfaat lain lagi dari pohon bidara ( daun bidara )

Gimana sedulur zonatani.com dengan ulasan diatas soal pengetahuan manfaat dari pohon bidara, hehehehe pastinya sangat bermanfaat yahhh.

Ya itulah sedikit pengetahuan manfaat tentang pohon bidara yang kami ketahui, semoga ulasan di atas bisa membantu untuk kalian semua. Sukses selalu dan berbahagialah.

Salam seduluran dari kami Zonatani.com.


Post a Comment

0 Comments