Cara ternak burung lovebird lengkap buat pemula 100% berhasil

Ternak burung lovebird

Zonatani.com lovebird, burung yang mempunyai warna seperti pelangi ini merupakan salah satu jenis burung yang cukup popular di Indonesia.

Burung yang hidupnya selalu berdampingan dan selalu menyayangi satu sama lain ini, menurut dari beberapa analisi (penelitian), burung lovebird ternyata hanya memiliki satu kekasih/pasangan sepanjang hidupnya loh? Makanya di sebut lovebird atau burung cinta.

Burung yang memiliki tubuh relatif kecil ini termasuk burung jenis paruh bengkok yang mempunyai kecerdasan tersendiri, dengan berbagai macam warna ,

Burung lovebird mempunyai banyak sekali warna di antaranya warna hijau, biru muda,maupun abu-abu atau kuning kenari (terang) dan di setiap burung lovebird pasti memiliki perbedaan warna di setiap kepala dan badanya. Maka dari itu, Perbedaan inilah yang membuat burung lovebird jadi menarik untuk dilihat, karena terdiri dari banyak perpaduan warna yang indah juga cerah.

Burung lovebird hanya memiliki diameter kisaran 14 - 16 cm dan berat 50 - 60 gram.

Karena keindahan dan kecerdasanya itulah kenapa burung lovebird jadi banyak sekali peminatnya.

Nah,gimana sedulur zonatani.com apa kalian tidak tertarik untuk mencoba membudidayakanya (ternak) agar jadi banyak? Caranya mudah ko, simpel cepat dan tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang (modal).

Baca juga: Cara ternak murai batu yang baik dan benar.

Cara ternak burung lovebird pun bisa di bilang cukup mudah, pasalnya burung lovebird adalah salah satu burung yang bisa dikatakan burung paling gampang di pelihara karena burung lovebird tahan dengan suhu panas, beda di banding dengan burung-burung lainya yang harus di berikan perhatian kusus. Kuncinya asal kalian serius (ulet) dan sabar (telaten) pasti berhasil, walau pemula pun.

Berikut adalah cara ternak lovebird pemula yang baik yang bisa kamu lakukan dirumah.

Langkah-langkah ternak burung lovebird

1. Menyiapkan kandang

Siapkan kandang terlebih dahulu buat ternaknya nanti (koloni).

Di dalam kandang koloni siapkan pula kandang untuk tempat bertelur lovebird yang terbuat dari kayu (glodok) Ukurannya 20 cm x 17 cm x 25 cm

Siapkan juga ranting kecil atau serut kayu, buat nanti tempat bertelurnya, supaya nantinya burung lovebird merasa nyaman dalam mengerami telurnya.

2. Siapkan sepasang indukan lovebird yang bagus

Sesudah menyiapkan kandang pastinya harus ada indukan sepasang lovebird.

Untuk mendapatkan anakan yang bagus dan berkualitas kalian juga harus pintar dalam memilih indukan, tentunya kalian harus memilih indukan lovebird yang sehat, agar nanti anakan yang dihasilkan juga baik dan punya nilai tinggi.

Usia lovebird juga penting, usahakan umur betina lebih muda dari umur si jantanya, karna saat proses perkawinan, burung lovebird jantan nantinya yang akan lebih mendominasi. (Juga mengeraminya nanti jika sudah bertelur)

Berikut ini adalah ciri-ciri burung lovebird jantan dan betina.

Ciri – Ciri Dari Lovebird Jantan

  • Saat bertengger di batang pohon posisi kaki burung lovebird jantan biasanya akan lebih rapat dan tidak terlalu berjarak.
  • Dan ujung sayap dari burung lovebird jantan akan menyatu membentuk huruf “v” .
  • Kemudian tulang pubisnya akan terasa sedikit lebih keras dan jaraknya biasanya akan lebih kecil/menyempit jika kalian pegang atau raba.
  • Ekor dari burung lovebird jantan lebih runcing dan memiliki Paruh lebih kecil dan runcing juga.
  • Burung lovebird jantan memiliki warna bulu yang lebih terang atau mencolok (kontras).Biasanya lubang hidung dari burung lovebird jantan terlihat oval dan memanjang, Juga terlihat ramping dan memiliki bentuk bulu yang kurang tegas (lentur).

Ciri – Ciri Lovebird Betina

  • Saat bertengger di batang pohon biasanya Posisi kaki sang betina akan lebih renggang atau berjarak lebar.
  • Ujung sayap membentuk huruf "u" Ekor burung lovebird betina biasanya akan lebih rata, paruhnya lebih lebar dan besar.
  • Lubang hidungnya terlihat bulat, jugao Lebih berat dan besar dibanding burung lovebird jantan.
  • bentuk bulu lebih tegas(sedikit kaku)Tulang pubis akan terasa lebih lentur, elastis dan berjarak. Dan warna burung lovebird betina lebih kusam.

3. Menjodohkan burung lovebird

Setelah kalian membeli satu pasang burung lovebird,kalian harus pastikan terlebih dahulu umur burung tersebut. Burung lovebird yang sudah siap kawin usianya harus sudah 1 tahun. Dan benar - benar siap untuk di kawinkan.

Nantinya perkawinan burung lovebird dilakukan dengan menyatukan kedua indukan burung lovebird dalam satu sangkar.

Lalu kerodong (tutup pintunya biarkan burung lovebird betina dan jantan di dalam glodok) diamkan / tunggu sampai satu hari.

Apabila kedua burung diam berarti itu tanda burung lovebird kalian jodoh atau siap untuk dikawinkan/ternak. Jika kedua burung di satukan malah bertarung itu pertanda burung lovebird kalian tidak cocok (harus cari lagi/ganti, sampai ketemu yang cocok ).

4. Rajin kasih Makan agar Lovebird Cepat Bertelur

Jika lovebird kalian pengen cepat bertelur jangan lupa kasih asupan makan sayuran dan harus rutin

Kangkung, Jagung Muda, Buah Segar, Biji Matahari, Toge dan Biji Sawi adalah asupan makanan yang pas buat burung lovebird,agar nantinya burung lovebird cepat birahi dan bertelur.

5. Jangan sering melihat Proses Perkawinannya

Usahakan jangan terlalu sering melihat masa kawin burung lovebird apa lagi ketika sudah bertelur.

Soalnya burung lovebird akan merasa terganggu dengan keberadaan kalian yg selalu memperhatikanya, cukup melihatnya dari kejauhan saja.

Dan perlu kalian ketahui, bahwa ada beberapa betina lovebird yang tidak mau mengerami telurnya bahkan belum pasti menetas, tetapi Ini adalah hal yang wajar.

Banyak dari pembudidaya burung lovebird yang gagal pas di awal ternaknya,tp itu semua tak membuat patah semangat sang pembudidaya. Kunci dari keberhasilan ialah sabar dan ulet dalam menjalankanya,ujarnya.

6. Tindakan Ketika Telur Lovebird Sudah Menetas

Ketika telur lovebird sudah menetas nanti,di usahakan tunggu hingga 14 hari yah.

Kemudian Setelah sudah 14 hari, pisahkan anakan lovebird dari induknya,biasanya anakan burung lovebird akan keluar dari sarang dengan sendirinya, pas anakan lovebird keluar dari sarang, itu adalah waktu yang tepat buat kalian memisahkannya.

Siapkan juga lampu 5 watt buat nanti anakan lovebirdnya yah, biar badan anakan lovebird selalu hangat.

7. Beri Makan Anakan Lovebird

yang terakhir adalah memberi perhatian lebih pada anakan burung lovebird.

Di usianya yang masih kecil kalian harus membantu menyuapi makanannya, alatnya Biasanya tersedia di toko - toko burung. Menyerupai suntikan yang ujungnya sudah di ganti dengan selang kecil yang lentur.

Makanan yang tepat untuk anakan lovebird ialah bubur bayi / pelet yang sudah diseduh menggunakan air hangat.

Suapi anakan lovebird setiap 4 jam sekali, terus lakukan itu hingga nanti anakan lovebird bisa makan dengan sendirinya.

Berikan perhatian kusus pada anakan lovebird yah sedulur zonatani.com ,agar nanti kelak saat dewasa bisa menjadi burung yang nurut serta juara. Aminnnnn ??? Hehehe.

Semoga artikel diatas bisa bermanfaat serta menambah ilmu wawasan kalian sedulur zonatani.com

Selamat mencoba,sukses selalu dan jangan lupa bahagia.

Salam seduluran dari kami ZONATANI.COM


Post a Comment

0 Comments