Cara mudah budidaya pepaya california pasti untung banyak

Budidaya pepaya california

Zonatani.com di indonesia siapa yang tidak mengenal buah pepaya? Hehe yah betul, Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang sangat banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. 

menurut kalian mungkin buah pepaya terlihat biasa saja, tapi nyatanya buah pepaya adalah salah  satu buah yang paling banyak diincar oleh kebanyakan masyarakat indonesia, salah satunya yaitu pepaya california. 

Secara umum, pepaya california memang tampak biasa saja, sama seperti pepaya pada umumnya, Namun jika kalian lihat lebih dalam lagi ternyata pepaya California ini lebih unggul dalam hal rasa dan daging buahnya yang cenderung lebih besar dari pepaya biasa.

Selain itu pepaya california  juga lebih unggul dalam hal panen, karena hasilnya yang memang cenderung lebih besar atau banyak (untung lebih) apa kalian ngga tertarik sedulur Zonatani.com untuk mencoba membudidayakannya?. Jadi Ikuti terus terus artikel zonatani.com ini ya.

Pembudidaya pepaya california dari waktu ke waktu mulai semakin meningkat. Banyak dari mereka para petani dan pekebun yang kini mulai terjun untuk mencoba membudidayakan varietas pepaya california dalam skala besar. 

Karena permintaan pesanan buah pepaya california yang semakin banyak di pasaran yang saat ini terus meningkat. 

Ternyata dari kebanyakan konsumen tampaknya lebih banyak yang menyukai buah pepaya yang berasal dari Amerika ini(pepaya california) alasan kebanyakan dari para konsumen yaitu karena daging buahnya yang tebal, rasanya yang manis serta memiliki daya simpan yang lebih lama. 

Menurut para petani yang sudah terjun langsung, ternyata budidaya pepaya california memiliki prospek bisnis yang menjanjikan. Karena memang sebenarnya varietas ini sangat menjanjikan keuntungan. Petani dan pekebun lebih memilih membudidaya varietas ini karena beberapa alasan, diantaranya yaitu, produktivitas pepaya california yang tinggi dan cepat berbuah dan mempunyai manfaat kandungan di antaranya :

  • - Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • - Mencegah terjadinya  penyakit jantung
  • - Mencegah akan terjadinya pembekuan darah
  • - Kesehatan pencernaan dan masih banyak lagi manfaat lainnya. 

Oh ya sedulur Zonatani.com enaknya membudidaya buah pepaya california ini tidak ada  syarat tumbuh secara khusus melainkan  karena varietas ini bisa tumbuh optimal di dataran rendah, menengah hingga dataran tinggi, dan juga budidaya pepaya california bisa kalian lakukan kapanpun, baik di musim hujan maupun di musim kemarau.

Yang penting nantinya dalam menanam pepaya california diusahakan memiliki Tanah yang bertekstur gembur, sedikit berpasir dan kaya humus. Pepaya california baik ditanam pada lahan dengan drainase yang baik, tidak berair dan tidak becek. pH yang ideal untuk pepaya california yaitu antara  6.0 – 7.0 (netral) dan dengan tanah terbuka pastinya, agar nantinya bisa terkena sinar matahari penuh. 

Cara budidaya pepaya california

Oke ga usah lama - lama kalau begitu langsung saja kita ke tahap tata cara budidaya pepaya California yang baik dan benar berikut ulasanya:

1. Persiapan Benih yang bagus & Cara Penyemaiannya

Benih pepaya california

Agar nantinya hasil yang diperoleh memuaskan, sebaiknya kalian gunakan benih yang berkualitas dan sudah teruji masa panennya (bagus dan menghasilkan) .sebelum ditanam nantinya Benih disemai terlebih dahulu menggunakan polybag yang berdiameter minimal 10 cm. Media semai yang digunakan harus berupa campuran tanah, arang sekam, kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 3 : 2 : 1. Aduk semua bahan hingga tercampur rata, kemudian kalian letakkan di tempat terbuka yang terlindung dari hujan dan sinar matahari. Setelah sudah 7 atau 10 hari masukkan media semai dalam polybag lalu benih pepaya california siap untuk disemaikan. Dalam proses penanaman diusahakan bibit sudah berusia 1 atau 1,5 bulan.

2. Persiapan Lahan

Setelah mempersiapkan lahan, terlebih bersihkan terlebih dahulu dari gulma, dari akar-akar kayu dan sisa-sisa tanaman sebelumnya. Kemudian lahan dibajak atau dicangkul sesuai kemampuan dan keahlian cara kerja kalian saja. 

Setelah selesai dibajak/di cangkul  kemudian taburkan kapur dolomit jika pH tanah dibawah 6,0. Atur drainase dengan membuat bedengan-bedengan atau parit.

Diusahakan dalam membuat bedengan harus dengan lebar 1.5 – 2 meter, tinggi dan panjang disesuaikan dengan kondisi lahan. Jarak antara bedengan sebaiknya berkisar antara 70 cm – 100 cm. 

Nantinya parit  dan bedengan dibuat untuk tujuan memudahkan penyiraman saat musim kemarau dan pastinya agar lahan tidak tergenang air saat musim hujan.

3. Cara Penanaman bibit yang benar

Cara menanam pepaya california

Sebelum nantinya bibit tumbuh besar dan menghasilkan buah yang bagus dan banyak usahakan dalam menanam bibit kalian buatlah lubang tanam terlebih dahulu di atas bedengan. 

Lubang tanam bibit dibuat dengan ukuran berkisar 30 cm x 30 cm x 30 cm (disesuaikan dengan ukuran polybag). Jarak antar lubang tanam harus dalam bedengan antara 2,5 meter – 3 meter, keolomit pada lubang tanam tersebut jika pH dibawah 6,0.

Biarkan selama kurang lebih 2 minggu an sebelum bibit ditanam, kemudian kalian siapkan campuran tanah dan pupuk kandang dengan komposisi 1:1, kemudian kalian letakkan pada tempat yang terlindung dari hujan selama 2 – 3 minggu. 

Tanah ini nantinya berguna untuk menimbun bibit yang ditanam dan berfungsi sebagai pupuk dasar.

Setelah pembuatan lubang dan semua persiapan diatas telah selesai selesai dan berjalan dengan baik kini saatnya untuk menanam bibit pepaya california ke lahan. 

Pastikan kalian harus gunakan bibit yang sehat dan bebas dari penyakit. Penting!!! Saat nanti kalian membuka Polybag, diusahakan dengan sangat hati-hati agar media semai nantinya tidak pecah, kemudian lanjut ke penanaman  bibit ke dalam lubang tanam. satu bibit satu lubang. Urug/timbun lubang tanam dengan campuran tanah dan pupuk kandang yang sudah disiapkan. Kasih tekanan sedikit agar padat supaya bibit tidak mudah roboh dan tidak layu.

Saat penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari, karena itu adalah jam yg bagus saat penanaman. Setelah kalian selesai menanam siram dengan air secukupnya (jika tanah dalam keadaan kering). Setelah selesai proses penanaman,kemudian kalian cek tanaman secara rutin. Oh iya sedulur Zonatani.com segera lakukan penyulaman ya jika kalian melihat tanaman yang mati atau diganggu hama. Penyulaman bisa dilakukan hingga usia kisaran 3 minggu atau 1 bulan setelah tanam.

 4. Cara Pemupukan Susulan 

Satu hal yang harus kalian ketahui dalam melakukan budidaya pepaya california yang baik agar mendapat panen yang memuaskan yaitu dengan adanya pemupukan susulan. Dalam melakukan pemupukan susulan usahakan jenis pupuk yang digunakan nantinya dilakukan minimal setiap 3 bulan sekali. Pupuk susulan yang diberikan berupa pupuk kandang sebanyak 10 – 15 kg per pohon. Bisa juga ditambahkan pupuk NPK dengan dosis kisaran 100 hingga 150 kg untuk satu musim tanam. 

Pupuk kandang yang digunakan sebaiknya dengan pupuk kandang yang sudah matang atau sudah lama. Nantinya dalam penaburan penaburan pupuk usahakan dengan cara merata di sekeliling tanaman dengan jarak 50 cm dari pangkal batang. 

Pemupukan susulan nantinya dilakukan saat proses penyiangan selesai. Dosis dan jenis pupuk yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan tanaman dan kondisi kesuburan tanah.

5. Pemeliharaan Tanaman Pepaya California

Dalam tahap pemeliharaan tanaman pepaya california meliputi ; penyiangan, penyiraman dan pembumbunan. Penyiangan sebaiknya dilakukan secara manual saja yaitu dengan cara mencabuti rumput atau membabat tumbuhan liar yg nantinya dapat mengganggu kelangsungan  dalam proses masa tumbuhnya. 

Diusahakan juga jangan memakai herbisida yahhh, karena nantinya dapat mengganggu atau merusak akar tanaman pepaya california. 

Pemeliharaan selanjutnya yaitu proses penyiraman, penyiraman cukup dilakukan saat musim kemarau atau bisa juga saat kondisi tanah sudah mulai mengering, Penyiraman bisa dilakukan dengan sistem leb (penggenangan) atau menggunakan sprinkler sesuai kemampuan kalian. 

Kemudian lanjut proses pembumbunan, pembumbunan yaitu mengurug sekeliling tanaman dengan tanah. Pembumbunan dilakukan bertujuan agar nantinya  menutup semua akar yang ada dipermukaan tanah, sekaligus untuk merangsang pertumbuhan akar  yang baru. Pembumbunan sangatlah penting soalnya sangat bermanfaat dalam memperkuat batang tanaman pepaya california agar tidak mudah roboh jika terkena angin. 

Pembumbunan dilakukan setelah penyiangan dan dilakukan bersamaan dengan pemupukan susulan yah sedulur Zonatani.com

6.  Masa Panen Pepaya California

Ketika nanti usia tanaman pepaya california sudah mencapai 8 atau 9 bulan, biasanya ada beberapa  buah yang sudah mulai matang. 

Pada saat itulah panen yang pertama sudah bisa kalian lakukan. Buah yang siap panen sebaiknya adalah buah yang tingkat kematangannya tidak lebih dari 25%, wanti - wanti agar nantinya terhindar dari kerusakan saat pengangkutan. Setelah proses panen pertama, di kemudiannya buah pepaya california bisa dipanen empat kali dalam satu bulan atau setiap satu minggu sekali. 

Jika kondisi tanaman dalam keadaan baik dan sehat, pohon pepaya california mampu berproduksi hingga 4 sampai 5 tahun lamanya. 

Cukup menjanjikan bukan sedulur Zonatani.com, gimana? Apa kalian tidak tertarik atau tergiur dengan keuntungannya hehe… 

Semoga artikel kami ini dalam cara budidaya pepaya California dapat bermanfaat dan membantu sedulur Zonatani.com semua, aminnn.

Selamat mencoba dan salam seduluran dari kami zonatani.com

Post a Comment

0 Comments